Beroperasi Agustus, SPAM Kota Bandar Lampung Bisa Suplai Air Minum Sampai 60 Ribu Pelenggan
Monday, 20 Jul 2020

Anggota BPPSPAM Unsur Penyelenggara, HM Limbong menyampaikan bahwa pada Bulan Agustus 2020 KPBU SPAM Kota Bandar Lampung dapat segera beroperasi.

“Berdasarkan tinjauan lapangan, saat ini progres konstruksi telah mencapai 99,19 % dan saat ini sedang dilakukan persiapan commissioning test. Bila ini lancar Agutus mendatang sudah dapat beroperasi” kata Limbong saat diwawancara Majalah Value For Money Direktorat Pembiayaan Infrastruktur melalui Video Conference, Senin (20/07/20).

Limbong menyampaikan keberhasilan PDAM berharap dengan beroperasinya SPAM berkapasitas 750 liter per detik yang dapat mensuplai kebutuhan air minum sampai 60 ribu pelanggan tersebut, target Pemerintah untuk memenuhi akses air minum layak pada tahun 2024 dapat segera terwujud.

Selain SPAM Bandar Lampung, salah satu SPAM yang dibiayai dengan skema KPBU yang telah beroperasi adalah SPAM Umbulan.

Proyek lain yang saat ini sedang dalam tahap konstruksi dan akan segera menyusul untuk beroperasi adalah SPAM Semarang Barat dan SPAM Kota Dumai.

Saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga tengah melakukan proses pelelangan SPAM Jatiluhur I dan proses prakualifikasi SPAM Karian.

Beberapa kendala yang dihadapi Pemerintah dalam menyiapkan pembangunan proyek SPAM yaitu negosisasi menetukan tarif air curah dan terbatasnya kemampuan PDAM/BUMD air minum offtaker untuk menyerap air baku hasil kerja sama investasi SPAM karena keterbatasan pendanaan untuk membangun jaringan distribusi.

Oleh karena itu dibutuhkan komitmen dari Pemerintah Daerah untuk memberikan dukungan kepada BUMD air minum untuk menganggarkan dana pembangunan jaringan distribusi dan menetapkan tarif biaya pemulihan penuh/full cost recovery (FCR).

Share Facebook Google Tumblr Twitter Print