Sehatkan PDAM Lewat Pendampingan on Site
Friday, 10 Nov 2017

 

“Mulai tahun depan konsultan BPPSPAM akan melakukan pendampingan peningkatan kinerja PDAM selama tujuh bulan secara terus menerus di kantor PDAM,”ujar Kepala Sekretariat BPPSPAM, Ir. Monhilal,Dipl.SE pada acara Workshop Peningkatan Kinerja di Jakarta, Rabu (8/11).

Dengan dilakukannya pendampingan secara kontinyu diharapkan pada tahun 2019 semua PDAM sudah memiliki kinerja Sehat. Untuk itu bagi PDAM yang berminat untuk didampingi agar segera menyampaikan minatnya melalui surat minat yang ditujukan kepada BPPSPAM yang disetujui oleh Kepala Daerah selambat-lambatnya pada akhir bulan Desember 2017.

Adapun kriteria PDAM yang bisa mendapatkan pendampingan BPPSPAM pada tahun 2018 yaitu Pertama, PDAM yang sudah pernah mendapatkan fasilitasi BPPSPAM antara tahun 2015-2017; Kedua, PDAM Kurang Sehat dengan pelanggan kurang dari 10.000 sambungan rumah (SR0; Ketiga, PDAM Kurang sehat dengan nilai diatas 2.7 meskipun pelanggannya dibawah 10.000 pelanggan dan Keempat, PDAM yang mempunyai nilai kinerja diantara 2.40 sampai dengan 2.80.

Dalam Workshop Peningkatan Kinerja yang dilaksanakan BPPSPAM, PDAM yang hadir akan diberikan pelatihan selft asessment secara mandiri dalam melaksanakan operasi dan pemeliharaan SPAM, pembuatan laporan keuangan sesuai standart BPKP, dan melakukan penelaahan dan penyusunan rencana peningkatan kinerja.

Advisor BPPSPAM, Ir. Budi Sutjahjo yang hadir sebagai pemateri terkait operasi dan pemeliharaan SPAM mengatakan bahwa untuk memberikan pelayanan air siap minum kepada  pelanggan langkahnya sangat sederhana yaitu menjaga aliran air secara 24 jam dan menjaga tekanan air pada jam puncak di angka 0,5 bar. Selain itu untuk memberikan pelayanan air secara efisien pada suatu daerah, PDAM harus memahami kebiasaan sosial budaya penduduk setempat.

“Untuk memberikan pelayanan secara efisien, PDAM harus melihat kondisi sosial budaya setempat. Di Kota Bandung misalnya, pada saat weekend jumlah pemakaian air pasti meningkat karena pada saat tersebut jumlah wisatawannya meningkat,”ujar Budi.

Dengan diadakan self assesment  melalui Workshop Peningkatan Kinerja diharapkan PDAM dapat menyusun rencana tindak yang diperlukan untuk meningkatkan kinerjanya, dan selanjutnya target 100% PDAM sehat pada akhir RPJMN 2019 dapat tercapai.

Share Facebook Google Tumblr Twitter Print