Memotret Pelayanan Air Minum Lewat Penilaian Kinerja PDAM
Friday, 12 Jan 2018

Dalam rangka menjalankan fungsinya untuk melakukan penilaian kinerja BUMN/BUMD penyelenggara SPAM tahun 2018, BPPSPAM melakukan rapat koordinasi bersama BPKP di ruang rapat BPPSPAM, Kamis (11/01/2018). Acara dibuka oleh Plt. Anggota BPPSPAM unsur Pelanggan,  Ir.  Syamsul Hidayat MS dan dihadiri oleh Plt.  Anggota Penyelenggara Ir.  Aulawi Dzin Nun, Msc; Kepala Sekretariat BPPSPAM Bambang Sudiatmo, Advisor BPPSPAM,  Drs.  Rifki Basrie Msi;  perwakilan tim BPKP dan staf teknis bagian Dukungan Teknis BPPSPAM.

Tujuan rapat koordinasi pada hari ini adalah menindaklanjuti pertemuan antara Kepala Sekretariat BPPSPAM dan Kepada BPKP sebelumnya terkait percepatan proses evaluasi kinerja PDAM tahun 2018. Dalam rapat dibahas mengenai kendala teknis yang dihadapi BPPSPAM dan BPKP dalam melakukan evaluasi dan penilaian kinerja PDAM dan masukan saran dari dan kepada kedua belah pihak dalam melakukan evaluasi dan penilaian kinerja pada tahun 2018 nanti.

Aulawi menyampaikan bahwa dari hasil penilaian kinerja PDAM tahun-tahun sebelumnya disimpulkan bahwa kenaikan dan penurunan nilai kinerja PDAM sangat fluktuatif dan bersifat random sehingga BPPSPAM mengalami kendala dalam memilih fasilitasi pendampingan yang terukur. Untuk itu pada tahun berikutnya,  diperlukan informasi yang lebih mendetail mengenai kondisi teknis dan non teknis termasuk jumlah aset dan ketersediaan air baku yang dimiliki PDAM untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Aulawi berharap BPKP dapat memotret kondisi tersebut dan menyampaikan kepada BPPSPAM baik dalam bentuk laporan maupun secara lisan  sehingga BPPSPAM dapat melakukan analisa lebih lanjut dan memberikan fasilitasi pendampingan yang tepat sehingga dapat meningkatkan kinerja PDAM untuk melakukan pelayanan air minum yang memenuhi kualitas, kuantitas dan kontinuitas kepada masyarakat.

Kasubdit Pengawasan Jasa Air Minum  BPKP, Kurnia Sucipto Sakti berkomitmen akan memberikan hasil evaluasi sesuai masukan dari BPPSPAM. Untuk itu, BPKP meminta BPPSPAM untuk segera mengirimkan surat kepada PDAM untuk menyediakan informasi yang dapat membantu percepatan proses evaluasi kinerja PDAM Tahun 2018, sehingga ketika BPKP datang untuk melakukan evaluasi datanya sudah siap.

Bambang Sudiatmo berharap BPPSPAM memiliki peran yang besar untuk menyehatkan PDAM dari hasil evaluasi BPKP.  Untuk itu, diharap BPKP dapat memotret kondisi PDAM secara menyeluruh.  BPPSPAM juga berharap sudah menerima hasil evaluasi  maksimal pada bulan Juni, sehingga hasilnya dapat dijadikan bahan untuk menentukan program 2019 BPPSPAM yang harus disampaikan pada proses penyaiapan anggaran di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada bulan Agustus 2018.(el/Des)

Share Facebook Google Tumblr Twitter Print