PDAM Tambah 3.000 Pelanggan per Tahun
Thursday, 07 Feb 2019

DEMAK - Permintaan masyarakat Kabupaten Demak untuk menjadi pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setiap tahun semakin besar. Setiap tahun, PDAM baru bisa menambah sekitar 3.000 pelanggan. Jumlah pelanggan baru tersebut meliputi 2.000 dari program bantuan dan subsidi dan 1.000 lainnya sambungan reguler.

Direktur PDAM Qomarul Huda mengakui adanya keterbatasan instalasi dan air baku. ”Sebenarnya air baku melimpah, tetapi instalasinya perlu ditingkatkan lagi agar produksi airnya semakin besar,” kata Huda di sela-sela kegiatan lomba dalam rangka HUTke-41 PDAM di aula kantornya, kemarin.

Diakuinya, tingginya permintaan masyarakat telah dibarengi dengan upaya peningkatan produksi air bersih baik di cabang maupun di beberapa unit. ”Di instalasi kantor pusat yang tadinya hanya menghasilkan 50 liter per detik sekarang sudah mampu menghasilkan 100 liter per detik,” imbuhnya.

Sumber Air

Selama ini pemanfaatan air PDAM masih mengandalkan air baku dari Sungai Jajar. Air tersebut untuk melayani kebutuhan pelanggan di wilayah Kecamatan Demak, Kecamatan Wonosalam, Bonang dan Wedung.

Menurutnya, selain Sungai Jajar, terdapat sumber air baku yang juga melimpah yakni di Sungai Tuntang, Wonokerto. Namun untuk memanfaatkan sumber air tersebut perlu dibangun bendung karet. ”Air dari Sungai Tuntang ini bisa melayani untuk kebutuhan warga di Kecamatan Karangtengah dan Kecamatan Sayung, termasuk kebutuhan industri,” jelas Huda.

Sementara itu, perayaan HUT PDAM dimeriahkan dengan sejumlah lomba yang diikuti seluruh karyawan. Salah satu lomba yang menarik adalah memasak aneka seafood dengan peserta pasangan suami-istri. Penilaiannya pun bukan terbatas pada kualitas masakan dan rasanya, tetapi juga aspek kekompakan kerja sama di antara keduanya. ”Kami sengaja memilih lomba memasak seafood karena Kabupaten Demak merupakan daerah pesisir yang hasil laut melimpah. Ini juga sejalan dengan program pemerintah gemar makan ikan,” imbuh Ketua DPW PDAM Siti Rohayati Huda. (H1-48)

Share Facebook Google Tumblr Twitter Print