PDAM Kendal Targetkan Perluas Jaringan 6 Ribu Pelanggan Pertahun
Friday, 01 Nov 2019
Sumber : TribunJateng.com

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - PDAM Tirto Panguripan Kendal targetkan perluas jaringan pelanggan sebanyak 6 ribu pelanggan tiap tahunnya.

Perluasan jaringan itu menyasar ke daerah-daerah yang belum terjangkau pipa PDAM.

Kuntofiq, Direktur Teknik PDAM Tirto Panguripan mengatakan saat ini masih ada dua dari 20 kecamatan di Kabupaten Kendal yang belum memiliki jaringan pipa air PDAM.

Dua kecamatan itu yakni Singorojo dan Limbangan.

"Di limbangan warganya mendapatkan air dari mata air sedangkan di Singorojo mereka mempunyai Pamsimas sendiri yang dikelola oleh masyarakat. Kecamatan lainnya mendapatkan akses pipa PDAM, namun ada kecamatan yang jumlahnya masih sedikit seperti kecamatan Plantungan. Oleh karena kami targetkan untuk memperluas jaringan pelanggan," ujarnya, Jumat (25/10).

Ia menambahkan pihaknya pun berupaya untuk menekan kebocoran air di beberapa titik.

Pasalnya saat ini kebocoran pipa PDAM Kendal cukup tinggi, yakni sekitar 25,6 persen dari total air yang diproduksi.

"Kami pun juga akan memperhatikan pembuatan jaringan pipa di dekat jalan terutama di jalan nasional. Jika melewati jalan nasional kami akan tanam pipa sedalam 1,5 meter agar tidak mengalami kebocoran akibat mendapatkan beban dari kendaraan yang melintasi," kata Pria yang dilantik menjadi Direktur Teknik PDAM pada Kamis (24/10).

Dirinya dilantik bersamaan dengan Pelantikan Direktur Administari dan Keuangan yakni Didik Yudha Pratidina.

Direktur Administari dan Keuangan yakni Didik Yudha Pratidina menambahkan perluasan jaringan pelanggan itu akan dibarengi dengan peningkatan kualitas pelayanan pelanggan dari PDAM Kendal.

Salah satunya pembangunan penampungan air cadangan (reservoir)

"Keberadaan Reservoir dapat membantu pada saat jam-jam sibuk seperti pagi dan siang. Saat itu kebutuhan air warga sangat banyak jadi dapat tercukupi. Namun saat malam reservoir kami isi lagi," pungkasnya.

Share Facebook Google Tumblr Twitter Print