BPPSPAM dan Direktur PDAM Mempawah Berkomitmen Tingkatkan Kinerja Pelayanan Air Minum
Wednesday, 26 Feb 2020

Ketua BPPSPAM, Bambang Sudiatmo berkomitmen untuk mendampingi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) atau BUMD Air Minum Kabupaten Mempawah untuk meningkatkan kinerjanya.

“BPPSPAM siap memberikan fasilitasi pembuatan business plan untuk meningkatkan kinerja PDAM Mempawah,”kata Bambang Sudiatmo ketika menerima kunjungan Direktur BUMD Air Minum Mempawah, Muhammad Taufik.

 Muhammad Taufik menyampaikan bahwa saat ini kinerja BUMD Air Minum Kabupaten Mempawah masih dalam kondisi sakit dengan nilai kinerja 1,77. Dijelaskannya lebih lanjut bahwa saat ini PDAM Mempawah hanya mempunyai 1 (satu) Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) dengan kapasitas 10 liter per detik untuk melayani 5.000 pelanggan.

PDAM telah mendapatkan dukungan dari Bupati Mempawah untuk meningkatkan layanan air minum kepada masyarakat. Oleh karena itu PDAM berharap BPPSPAM dapat memberikan fasilitasi bimbingan teknis dan non teknis untuk meningkatakan kinerja.

Bambang Sudiatmo menyampaikan bahwa BPPSPAM dapat memberikan bantuan manajemen Peningkatan Kinerja PDAM kepada kepada PDAM Mempawah pada tahun 2021 atau 2022. Sementara itu PDAM dapat melakukan konsultasi kepada BPPSPAM melalui kunjungan kerja ke kantor BPPSPAM atau mengundang BPPSPAM berkunjung ke kantor PDAM.

Sedangkan untuk melakukan pembangunan infrastruktur SPAM, selain mengajukan pendanaan bantuan APBN atau APBD, PDAM dapat juga mencoba kerjasama investasi baik melalui skema Kerja Sama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU) atau Kerja Sama Business to Busiiness (B to B).

Share Facebook Google Tumblr Twitter Print