Disubsidi, Biaya Pemasangan Sambungan Air Minum PDAM Tarutung Jadi Rp 350 Ribu
Saturday, 23 May 2020

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Mual Natio Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, kembali memberikan subsidi untuk pemasangan sambungan air minum. Dari sebelumnya, biaya pasang sambungan baru senilai Rp 2.040.000, namun dengan mengikuti program subsidi tersebut, biaya pemasangan sambungan menjadi Rp 350.000.

Direktur PDAM Mual Natio, Lamtagon Manalu, didampingi Kepala Bidang Langganan Jefri Simorangkir mengatakan, program subsidi untuk pemasangan sambungan baru itu kembali dilaksanakan demi upaya penyediaan air bersih bagi masyarakat.

“Dalam program di 2019 ini, PDAM akan melaksanakan pemasangan bersubsisi untuk 1.667 unit sambungan baru,"kata Lamtagon, Rabu (16/1/2019).

Dikatakan, kuota 1.667 unit sambungan baru tersebut akan mengisi nilai ideal kapasitas instalasi PDAM Mual Natio.

"Ini merupakan program lanjutan, setelah sebelumnya pada 2016 dan 2017, program yang sama telah dilaksanakan. Namun, penerapan untuk ketiga kalinya pada 2018 mengalami kendala peraturan daerah tentang penyertaan modal yang belum direvisi," jelasnya.

Sehingga, penerapannya dilaksanakan pada 2019, setelah pemerintah daerah menyiapkan dana penyertaan modal senilai Rp 5 miliar untuk pembiayaan program.

“Nantinya, setelah kegiatan program terlaksana, nilai pembiayaan akan diaudit oleh BPKP, untuk selanjutnya, besaran dana yang tadinya dikeluarkan pemerintah daerah akan diganti sepenuhnya oleh pusat," terangnya.

Untuk pemenuhan kuota rumah tangga sasaran, kata Jefri, sejak awal hingga akhir Januari 2019, pihaknya telah melaksanakan sosialisasi dan pendataan untuk calon pelanggan, sehingga pada awal Februari, pelaksanaan survei dapat dilaksanakan oleh konsultan Kementerian PUPR untuk menyatakan layak tidaknya calon rumah tangga terdaftar.

“Syaratnya masih sama yakni masyarakat berpenghasilan rendah, memiliki instalasi listrik dengan daya 450-1.300 VA, dan masuk dalam jaringan perpipaan PDAM," kata Jefri.


Sumber : Palapapos

Share Facebook Google Tumblr Twitter Print