Pelanggan PDAM Sekarang Dapat Terpantau Secara Online
Saturday, 23 May 2020

PDAM Tirta Bumi Sentosa melakukan inovasi layanan dalam lingkungan kerjanya. BUMD milik Pemkab Kebumen ini menerapkan sistem informasi Geographic Information System (GIS) yang diberi nama PETAKU (PDAM Tetap Miliku). Melalui teknologi program peta digital ini, perusahaan dapat memantau pelanggannya di seluruh wilayah Kebumen.

Soft launching aplikasi karya karyawan PDAM Kebumen itu dilakukan Direktur PDAM Zein Musta'in, Rabu (21/5/2020) di ruang transit Pendopo Bupati. Hadir pula Asisten II Setda Nugroho Tri Waluyo, Dewan Pengawas Ida Indrayani Achmal dan Pembina BUMD Kabupaten Kebumen Yunita Prasetyani yang juga Kabag Perekonomian Setda Kebumen serta Kabag Humas Eko Purwanto.

Zein Musta'in mengatakan, aplikasi ini digunakan untuk mengetahui secara cepat data pelanggan dengan menggunakan peta digital. Program PETAKU ini dibuat untuk memudahkan PDAM, khususnya para pembaca meter dan bagian Pemeliharaan Jaringan atau Penagihan mengoperasikan program ini sangat mudah.

Aplikasi PETAKU dapat diakses melalui Android atau laptop dengan cukup menuliskan nomor ID pelanggan. Nantinya program langsung akan mengarahkan alamat yang dituju dan terlihat jarak dan waktu tempuh sampai rumah pelanggan. Pembaca meter yang baru kerja satu hari pun tidak perlu bingung lagi mencari alamat pelanggan.

Dengan aplikasi ini, pembaca meter yang secara manual harus mengecek 225-250 meteran setiap hari akan lebih mudah mencari alamat pelanggan. Dijelaskan Zein Musta'in, dengan jumlah pelanggan yang mencapai 31.057 maka akan mempermudah kinerja pelayanan.

Sementara itu, Asisten II Setda Nugroho Tri Waluyo mengharapkan para BUMD Kebumen untuk terus berbenah dan inovasi. Bukan saja meningkatkan kualitas pelayanan tetapi juga kuantitas pelanggan serta mensuport pendapatan asli daerah (PAD). Dalam kondisi pandemi Covid-19, dia juga menekankan pelayanan kepada pelanggan tetap harus optimal.

Sumber : kebumensorot

Share Facebook Google Tumblr Twitter Print