LOADING

Lihat Berita

Penanganan Kumuh Tepat Sasaran di Babel

By  / Jumat, 28 Juni 2019
Image

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Miarka Risdawati yang didampingi Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Belitung Rizaldy meninjau langsung kebermanfaatan serta tepat sasaran progam KOTAKU skala lingkungan dan skala kawasan di Kelurahan Parit dan Kelurahan Damai, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung TA 2017-2018 di Tanjung Pandan, Senin (17/06/2019).

Miarka menerangkan program KOTAKU dalam pengerjaannya berupa pembangunan sumur bor, septic tank komunal, jalan setapak, pagar pengaman sungai dan drainase. Sebelumnya sungai (saluran primer) dan saluran sekunder menjadi tempat pembuangan tinja langsung dari permukiman menimbulkan kebiasaan pola hidup yang tidak sehat, namun sekarang sudah tidak lagi terjadi. Terasa kawasan sudah tertata dan rapi, sudah terhubung akses jalan setapak antar rumah warga, dan sungai tidak dangkal dan kotor lagi.

“Tahun ini akan dilanjutkan jalan setapak di titik tertentu, melihat pembangunan yang terpasang sekarang dan berdampak positif, warga mengajukan sendiri untuk melanjutkan pembangunan jalan setapak di lahan  mereka.” ujar Miarka.

Sementara Kabid Cipta Karya Dinas PU Kabupaten Belitung Rizaldy menambahkan dengan adanya pembangunan skala lingkungan dan kawasan di Kecamatan Tanjung Pandan ini sangat membantu Pemerintah Daerah Belitung dalam penanganan kawasan kumuh di Tanjung Pandan. Kabupaten Belitung ditetapkan dalam 10 kawasan strategis prioritas nasional dalam pengembangan wisata di Kabupaten Belitung yang mana anggaran negara harus berorientasi manfaat untuk rakyat dan berorientasi pada prioritas untuk mencapai tujuan pembangunan nasional.

Lanjut Rizaldy, dari penggunaan prasarana terbangun yang berbayar seperti air minum dan angkutan sampah berjalan lancar. Masyarakat pengguna membayar secara rutin di 2 kelurahan ini. Dari sektor air bersih memang susah masyarakat mendapatkan kualitas air yang baik, sehingga dengan adanya bor dari program KOTAKU yang mempunyai sumber air baik, masyarakat sangat terbantu dalam pemenuhan kebutuhan air sehari-hari. Dari program KOTAKU, ada dana bergulir untuk ekonomi produktif dalam menunjang usaha masyarakat dana bergulirpun berjalan lancar dalam pembayaran iuran perbulan. (Wotto/Bppw Babel/ari)

Share : Facebook     Twitter