LOADING

Lihat Berita

Pembangunan Jalan Permudah Akses Petani di Perdesaan Provinsi Kalsel

By  / Senin, 7 Januari 2019
Image

Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Permukiman (PKP) Provinsi Kalimantan Selatan melakukan Pembangunan Jalan Usaha Tani di Desa Limpasu, Kecamatan Limpasu, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melalui kegiatan Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) Tahun 2018 yang memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan taraf hidup di kawasan tersebut.

Komoditas unggulan di Limpasu adalah pertanian dan perkebunan karet dengan luas lahan irigasi di Kecamatan Limpasu mencapai 475 ha serta non-irigasi 2.691 ha. Produksi padi di Kecamatan Limpasu pada tahun 2017 mencapai 19.772 ton.

Pembangunan jalan usaha tani  Desa Limpasu-Desa Pauh memiliki panjang 858 m dan lebar 4 m. “Manfaat dari kegiatan PISEW ini telah kami rasakan, yaitu penggunaan waktu dan biaya yang dikeluarkan untuk melakukan aktivitas pertanian maupun berkebun jadi lebih cepat dan menghemat. Jalan utama menuju persawahan yang sebelumnya tidak memadai kini telah berubah menjadi sangat nyaman sehingga memudahkan dalam pengangkutan hasil pertanian,” jelas Eddy petani setempat.

Sementara, Kasatker PKP Provinsi Kalsel Arkan Yamri, Kamis (20/12/2018) mengatakan masyarakat khususnya petani sawah dan kebun merasa sangat terbantu dan menginginkan kegiatan serupa dapat terus berlanjut. “Kegiatan seperti ini memang sangat penting dalam rangka pemerataan pembangunan dan swasembada tani. “Akar rumput langsung merasakan manfaatnya dan ini akan memompa semangat petani dalam meningkatkan hasil tani yang akan berdampak pada kesejahteraan mereka pula,” pungkas Arkan. (HRD KALSEL/ari)